Cooking Class di Ngabuburit Berkawan

0
13
Tidak terasa bulan ramadan sudah hampir sampai di pekan terakhir. Berkawan masih bisa meramaikan bulan yang penuh berkah ini dengan kegiatan-kegiatan yang insya Allah positif. Kegiatannya adalah ngabuburit di Rumah Berkawan. Ngabuburit merupakan sebuah istilah yang tidak asing lagi, sebuah kegiatan untuk menunggu waktu berbuka. Kegiatan ngabuburit di Rumah Berkawan diadakan setiap hari Sabtu. Mulai dari jam 3, anak-anak berbondong-bondong datang untuk mengikuti kegiatan selagi menunggu waktu berbuka. Kemarin, sabtu 25 juni 2016, kegiatan ngabuburit diisi dengan cooking class membuat kue kering coklat berbentuk guguk (red. anjing).
Anak anak yang datang sangat antusias mengikuti setiap kegiatan. Pertama, menunggu adonan yang belum siap, membentuk adonan, menghias, sampai akhirnya adonan yang sudah dibentuk siap dipanggang. Pemanggangan dilakukan selama kurang lebih 30 menit. Selagi menunggu, anak-anak mengisi dengan membaca beberapa buku yang mereka pilih. Tidak ada rasa bosan terlihat di wajah mereka, tapi yang ada tidak sabar menunggu melihat kue hasil karyanya. Sempat berbincang-bincang kecil dengan salah satu anak yang sangat antusias dengan adanya kegiatan ini, bahkan dia menanyakan “kak, ini cuma bulan puasa aja apa setiap sabtu ada?” kata Caca salah satu anak kemarin.
Kebahagiaan bukan dari apa yang kita miliki tapi dari apa yang kita beri. Meskipun yang kita beri hanya sekadar kegiatan kecil, tapi bagi anak-anak itu menyenangkan dan berkesan. Akhirnya waktu yang ditunggu pun datang, kue matang. Harumnya sangat mengugah selera, perut pun semakin keroncongan, anak-anak tidak sabar lagi mencicipi kue hasil karyanya. Sebelum kue dibagikan, anak-anak satu sama lain berkenalan karena tak kenal maka tak sayang. Ada sekitar 16 orang anak kemarin. Cukup ramai dan semua anak terlihat sangat senang.
Akhirnya kue dibagikan dan setiap anak mendapat 4 kue buatan mereka. Setelah kue dibagikan, tidak terasa waktu menunjukkan 15 menit lagi menjelang berbuka puasa. Anak-anak semua pulang untuk mempersiapkan buka di rumah masing-masing. Kegiatan hari itu pun ditutup dengan membagikan kue, semoga minggu depan dimana minggu terakhir di bulan ramadan kegiatan lebih seru dan semakin ramai  anak-anak yang datang, dan berharap kakak-kakak yang datang lebih banyak, pasti akan lebih seru.
Bogor, 26 juni 2016
Widina

Leave a Reply